Pembahasan IKM KMA 450 Tahun 2024 Jenjang RA: Materi 3.9.Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2
Pembahasan Soal Pelatihan Pintar IKM KMA 450 Tahun 2024 Jenjang RA
Pelatihan pada modul Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2
Materi 3.9.Pembelajaran dan Asesmen pada Kurikulum Madrasah - Bagian 2
Hati-hati yah soal selalu diacak
Hati-hati juga soal sekarang bisa berbeda-beda tiap orangnya yah.
1 dari 5 soal
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAUD adalah rangkaian Tujuan Pembelajaran (TP) yang disusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. ATP PAUD disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) PAUD. Setelah merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran seorang pendidik kemudian menyusun :
A Menyusun modul ajar atau rancangan pembelajaran (Jawaban)
B Memahami Capaian Pembelajaran
C merumuskan assesment pembelajaran
D Tujuan pembelajaran
2 dari 5 soal
Asesmen pada RA dalam kurikulum Merdeka dapat dilakukan melalui beberapa metode: anekdot, ceklis, hasil karya, dan foto berseri. Anekdot dapat dilakukkan dengan melakukan
A pencatatan pengamatan tentang perilaku anak dalam kegiatan dalam selama sehari tersebut saja, dan juga dengang menceklis yang berfungsi untuk menilai pengetahuan
B pencatatan pengamatan tentang perilaku anak dalam kegiatan sehari-hari. Dan juga dengang menceklis yang berfungsi untuk menilai motoric kasar
C pencatatan pengamatan tentang perilaku anak dalam kegiatan sehari-hari. Dan juga dengang menceklis yang berfungsi untuk menilai keterampilan (Jawaban)
D pencatatan pengamatan tentang perilaku anak dalam kegiatan sehari-hari. Dan juga dengang menceklis yang berfungsi untuk menilai motoric halus
3 dari 5 soal
Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah...
A Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran
B Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah
C Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar
D Mengajar membaca, menulis, dan berhitung (Jawaban)
4 dari 5 soal
Dalam merumuskan tujuan pembelajaran guru terlebih dahulu perlu menganalisis setiap capaian pembelajaran, yang di dalammya terdapat dimensi, elemen dan sub elemen tergantung dari nilai-nilai pembelajaran yang akan di kembangkan. Usia anak juga berpengaruh dalam hal ini. Pembagian usia pada Raudatul Athfal yaitu :
A usia 3-6 tahun
B usia 4-6 tahun (Jawaban)
C usia 3-5 tahun
D usia 4-7 tahun
5 dari 5 soal
Dalam merumuskan subelemen (matematika) dari : Anak mengenal dan menggunakan konsep pramatematika untu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari dapat di tuliskan perumusan tujuan pembelajaran pada anak usia 3-6 tahun
A Anak menyebutkan penjumlahan dan pengurangan secara abstrak
B Anak mengenal banyaknya benda di lingkungan terdekat
C Anak mengenal banyaknya benda dengan dengan membilang substansi (Jawaban)
D Anak menyebutkan bilangan secara lengkap
Semoga bermanfaat dan sedikit membantu karena nilai dari hasil jawaban ini bukan 100 tapi hanya sebatas lolos Passing Grade saja. Apabila ingin mendapatkan nilai maksimal silahkan pelajari dulu materi sebelumnya.
Jangan lupa ikuti channel ini yah.
Komentar
Posting Komentar