Pembahasan IKM KMA 450 Tahun 2024 Jenjang RA: Materi 3.5. Standar Kompetensi Lulusan RA - Bagian 5


Pembahasan Soal Pelatihan Pintar IKM KMA 450 Tahun 2024 Jenjang RA
Materi 3.5. Standar Kompetensi Lulusan RA - Bagian 5
Hati-hati yah soal selalu diacak

1 dari 10 soal
Assesment formatif di RA sebaiknya dilakukan secaa berkelanjutan, yang artinya...
A Setiap kali siswa mengalami  kesulitan dalam pembelajaran
B Secara terus meneus selama proses pembelajaran berlangsung (Jawaban)
C Setiap akhir semester
D Hanya pada saat ujian tengah Semester

2 dari 10 soal
Capaian Pembelajaran (CP) Jati Diri pada siswa RA bertujuan untuk...
A Membentuk siswa menjadi individu yang taat aturan saqja 
B Menyiapkan siswa untuk menghadapi ujian akademis
C Mengajarkan siswa berkompetisi dengan  teman-temannya
D Mengembangkan kepribadian yang kuat, mandiri, dan berakhlak mulia (Jawaban)

3 dari 10 soal
Komponen yang lebih dominan dalam Modul Ajar dibandingkan dengan RPP adalah...
A Evaluasi  pembelajaran
B Materi ajar yang mendetail dan kegiatan yang mendorong  pembelajaran aktif (Jawaban)
C Langkah-langkah pembelajaran yang spesifik
D Penilaian hasil belajar secara berkala

4 dari 10 soal
Manfaat alur tujuan pembelajaran dalam lingkup satuan pendidikan adalah...
A Mengarahkan proses belajar mengajar agar lebih terencana dann terukur (Jawaban)
B Memastikan semua guru mengajar dengan pendekatan yang sama
C Mengutamakan hasil tujuan daripada pembelajaran yang menyenangkan
D Menjadikan pembelajaran lebih kaku dan terstruktur

5 dari 10 soal
Prinsip Assesmen di Raudhatul Athfal harus memperhatikan perkembangan siswa secara...
A Akademis
B Fisik
C Emosional
D Holistik (Jawaban)

6 dari 10 soal
Dalam Kurikulum Merdeka, berapa alokasi waktu minimal yang harus diberikan untuk pembelajaran agama dan akhlak di MI?
A 8 jam per minggu
B 4 jam per minggu
C 2 jam per minggu
D 6 jam per minggu (Jawaban)

7 dari 10 soal
Pada Implementai Kurikulum Merdeka di MI untuk layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling. Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal. Berikut yang bukan merupakan muatan lokal terdiri dari...
A keagamaan, seni budaya;prakarya,olahraga, dan kesehatan,bahasa, teknologi; dan riset
B keagamaan, seni budaya;prakarya,pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan,bahasa
C keagamaan, seni budaya;prakarya,pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa dan riset
D keagamaan, seni budaya;prakarya,pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, bahasa, teknologi; dan riset (Jawaban)

8 dari 10 soal
Alur Tujuan Pembelajaran pada audhatul Athfal betujuan untuk membantu siswa dalam...
A Fokus pada aspek kognitif saja
B Menyelesaikan semua materi akademik sebelum masuk sekolah dasar
C Mengembangkan potensi diri dengan baik dan seimbang sesuai perkembangan usia (Jawaban)
D Mengafal semua do’a dan materi pelajaran agama

9 dari 10 soal
Berdasarkan Keputusan Menteri Agama no, 450 tahun 2024, ada perbedaan antara struktur kurikulum kelas 1 dan kelas 2 sd kelas 6. Jumlah alokasi waktu P5RA  yaitu...
A Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanayak 118
B Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua 118
C Kelas satu sebanyak 140 dan kelas dua sebanayak 108
D Kelas satu sebanyak 144 dan kelas dua sebanayak 108 (Jawaban)

10 dari 10 soal
Salah satu pinsip pengambilan data assesmen di tingkat RA adalah autentik, yang dimaksud dengan autentik adalah...
A Data diambil berdasakan perkiaran guru
B Data diambil dai hasil ujian saja
C Data diambil dari aktivitas nyata  siswa dalam keseharian (Jawaban)
D Data diambil dari sumber yang tidak relevan

Semoga bermanfaat dan sedikit membantu karena nilai dari hasil jawaban ini bukan 100 tapi hanya sebatas lolos Passing Grade saja. Apabila ingin mendapatkan nilai maksimal silahkan pelajari dulu materi sebelumnya.

Jangan lupa ikuti channel ini yah.

Komentar